Sarjana Manajemen Bisnis (S.M.B)

Puji serta syukur Alhamdulillah saya sampaikan kehadirat Allah SWT, atas segala karunia-Nya yang dilimpahkan kepada saya sehingga dapat menyelesaikan sebuah fase panjang penuh perjuangan bernama jenjang perkulihan s1 dengan skripsi sebagi penutup.

September 2007, kaki ini menjejak di sebuah komplek Telkom Learning Center, kampus STMB Telkom. Kampus yang terletak di utara Kota Bandung. Masih ingat betul dalam benak, ospek saat itu (OKMB) saya pernah hadir di sebuah hari dengan celana jeans gelap kebesaran, celana papah yang terpaksa dipakai, karena panitia ospek meminta peseta untuk mengenakan celana jeans gelap, dan saya ga punya yang warna gelap! saking takutnya sama panitia, akhirnya saya pakai celana itu dengan optimisme ga kena ‘semprot’ tatib. Hasilnya luar biasa, saya malah jadi bahan tertawaan, cekikikan kecil, dan lirikan mata kaget.. hahahaha.. 😀

Tak lama berselang, satu tahun mungkin. Setelah memasuki masa perkuliahan, diri ini gelisah, terpikir sebuah kalimat ‘Anak SMAN 5 Bandung ga semestinya ada disini.. ITB-UNPAD itulah tempat sebenarnya buat anak seperti saya.’. Atas dasar kegelisahan belum lolos SPMB, ditambah ketakutan diri ini tidak berkembang karena aktivitas kemahasiswaan di kampus tak seperti yang diharapkan, ditambah lagi keyakinan bahwa saya itu pintar dan pantas mendapatkan tempat yang lebih layak. Ikut lah saya di SNMPTN 2008. Bagaimana hasilnya? Lulus masuk ke Hubungan Internasional UNPAD. 1,5 tahun kuliah dobel dijalani, GILAnya! saya akhirnya tidak melanjutkan kuliah di UNPAD dan memilih kembali ke STMB Telkom yang saat itu sudah berganti nama menjadi IM Telkom. Pilihan tidak mainstream dan tergolong bodoh bagi banyak orang.

Memulai kembali di IM Telkom tidaklah mudah, karena sempat cuti tidak resmi selama satu semester. saya hanya bisa mengambil sks dalam jumlah sedikit. benar-benar tertinggal dari teman-teman seangkatan. Seringkali pada akhirnya harus duduk bersama dengan adik kelas, kesan yang saya rasakan: seperti anak angkata atas, yang gagal lulus di semester sebelumnya dan akhirnya mengulang! feeling yang terasa aneh, seperti naik roller coaster, sesek-sesek gimanaa gitu 😀

4 tahun, dieja empat tahun! itulah waktu yang ditempuh untuk menyelesaikan seluruh mata kuliah (termasuk magang di Jakarta selama 2 bulan) selain skripsi. Dan akhirnya, secara luar biasa setelah melalui proses panjang, total 8 bulan pengerjaan termasuk ganti judul 4 kali, sebuah buku bernama Skripsi (setiap daerah punya nama sebutannya masing-masing: skripsweet, skripshit, skripsi, si dia, doski, cinTA, dsb :D) akhirnya SELESAI! Alhamdulillah…

Setelah total 5 tahun perjuangan, Nilai A- (saya berharap di transkrip tanda minusnya kecil banget dan ga keliatan) menutup seluruh rentetan rantai nilai, yang alhamdulillah bukan rantai karbon :D. IPK 3.61 , tidak pernah mengulang sekalipun mata kuliah, dengan nilai terendah B- untuk mata kuliah manajemen mutu (mungkin saya dapet segitu karena emang ga pernah merhatiin dan selalu maen laptop di belakang. maafin saya pak..) dan tentunya diakhiri dengan predikat Wisudawan Berprestasi 2 (yang ngalahin saya temen sendirii…. gondok ga siiiih??!… :D) mengakhiri cerita perjalanan saya sebagai mahasiswa.

Dan akhirnya.. 3 hurup (dibacanya ‘f’ yaa… ) yaitu S.M.B bertambah di belakang nama Ibrahim Imaduddin Islam. 3 huruf yang jadi pertanda, sebuah fase hidup berhasil dilewati, dan jadi penanda, bahwa ada tanggungjawab baru yang hadir dan harus diemban kedepannya. Kalau kata Tizar (Presiden KM ITB, PL ITB 2007) tanggungjawab saya sebagai mahasiswa sudah beres, dan akhirnya sekarang saya punya tangungjawab sebagai sarjana (diem.. tarik nafas.. elus-elus dada.. *guling-guling* :D)

Selama saya hidup dan akhirnya menyelesaikan tugas akhir ini, ada begitu banyak bantuan dan dukungan dari semua pihak. Pada kesempatan ini penulis ingin kembali mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir dan membuat diri saya seperti sekarang ini:

  1. Bapak Ruly Budiono, Drs., M.Sc dan Ibu Alifa Rahmadinita, S.H, orang tua tercinta. Terima kasih atas cinta yang terus diberikan selama ini. Semoga selalu ada kesempatan untuk memberikan kebahagiaan dan kebanggaan, walaupun itu tetap tidak mampu membalas pengorbanan yang telah kalian berikan
  2. Ibu Rr. Rieka F. Hutami, S.Mb., MM, dosen pembimbing yang telah meluangkan waktu dan perhatiannya untuk memberi arahan, saran, berbagi ilmu, nasehat serta inspirasi selama proses pengerjaan karya skripsi ini. Terima kasih atas kesabaran dan pengertian ibu menerima berbagai kekurangan diri saya yang hadir dalam interaksi selama ini.
  3. Bapak Listyo Dwi Harsono, S.T, M.T dan Bapak Adhi Prasetio, S.T, MM dosen wali selama ada di Insitut Manajemen Telkom yang tidak pernah lelah memberikan arahan, saran, nasehat serta inspirasi yang bapak berikan selama saya ada di kampus Insitut Manajemen Telkom. Terima kasih atas waktu, perhatian dan kesabaran bapak kepada cerita curhat serta celotehan saya selama ini.
  4. Keluarga Besar Pama Wijaya dan Keluarga Besar Rd. Mierza Edi Prayitno khususnya Saudara-saudari tercinta Aisyah Putri Insani Imania dan Muhammad Islam Taufikurahman yang selalu mengisi hari penulis. Semoga dikemudian hari kalian bisa meraih lebih banyak prestasi dan terus menjadi kebahagiaan dan kebanggaan bagi kedua orang tua.
  5. Seluruh Dosen serta Staff di Institut Manajemen Telkom. Khususnya kepada Prof. Dr. Hiro Tugiman, Ak QIA (Guru Besar IM Telkom), Bapak Yusuf Budiana Ir., MBA. (Dekan SMTM), Ibu Lia Yuldinawati S.T, MM., Ibu Helni Mutiarsih Jumhur M.Hum, Bapak Brady Rikumahu, S.E, MBA., Bapak Ganjar Mohamad Disastra S.H, MM., Bapak Cucu Lasmana, Ibu Khairani R. Siregar S.Si, MT., Ibu Ratih Hendayani S.T, MM., Ibu Sri Widyanesti S.T yang telah mendidik dan membekali dengan ilmu serta inspirasi berharga untuk kehidupan saya.
  6. Teman-teman penulis di Keluarga Remaja Islam Salman (KARISMA) ITB. Terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada saya selama ini, sehingga aktualisasi diri untuk selalu memberikan kemanfaatan kepada umat dapat terlaksana sesuai amanah dan tanggung jawab yang ada. Khususnya untuk Kang Prasetiyono Hari Mukti, Kang Ikhwan Abdillah, Kang Hari Solagratia, Teh Linda Hindiana, Teh Tita Salafiyah J, Teh Nisaul Makhmudah, Kang Maman Abdul Rohman, Kang M. Farishadi Rukandi, Kang Armanda Ikhsan, Kang Surya Kresnanda, Kang Ikhsan Fanani, Teh Rachmani Fitri A, Teh Ardita F. Fauzia, Kang M. Aji, Kang Jati Rahardja, Kang Nur Roni Dinurrohman, Teh Juju Juarsih, Rosikh Falah Adi Candra, Rino Ferdian, Feiza Alfi, Ramdani Akbar, Hanifah Fitriani, Syahri Ramdhani Fitri, Afdilla Gheivary, Rizki Hendrian, M. Riyan Kamil, Rio Aurachman, Indah Budiarti, Verawati, Hasna Afifah, Nurulhuda Halim, Harya Dwi Nugraha, Intan Kartika, M. Naufal Lintangpradipto, Derina Adriani, M. Ridho Fazri, Aji Imam Muflih, Eva Fatimah dan Kasmita, semoga bisa terus jadi pelita yang penuh kemanfaatan untuk sekitar.
  7. Teman-teman penulis di Keluarga Besar Forum Indonesia Muda. Khususnya untuk Pak Elmir Amien, Bunda Tatty Elmir, Pak Dedi Sjahrir Panigoro, Ka Ivan Ahda, Ka Maghleb, Ka Trio Satria Putra, Ka M. Hamim, Ka Jetc, Ka Dila Puspita, Ka Siti Fatimah, Riesni Fitriani, Azmy Basyarahil, Ridwan Salim Sanad, Ghulam Tafrihi, Dani Ferdian, Ka Zakky Ramadhany, Ria Aqmalia, Syauqi Mujahid Rabbani, Tio Nugroho, M. Alfatih Timur, Tyas Nastiti, Vina Triana Sudarto, Nanan Nuraini, Dimas Surya Utama, Siti Lutfiyah Azizah, Ario Bismoko Sandjoyo, M. Maula Nurudin Al-Haq, Surya Batara Kartika, Haryo Wisanggeni dan angkatan penulis FIM 10 (FIMIO), terima kasih atas pelatihan, pembelajaran kepemimpinan, inspirasi seta kesempatan aktualisasi diri yang luar biasa. Menjadi bagian dari ‘keluarga kunan-kunang’ telah membuka cakrawala pemikiran dan mendorong untuk lebih banyak berbuat untuk negeri ini, tidak hanya sekedar menjadi pemuda biasa yang hidup seperti pemuda kebanyakan.
  8. Guru-Guru di TK Istiqamah, SD Istiqamah, SLTP Istiqamah dan SMAN 5 Bandung,
  9. Kakak, Teman-teman serta adik-adik seperjuangan di DKM SMAN 3 & 5 Bandung. Khususnya untuk Kang Husna Nugrahapraja, Kang Hafidz Ary Nurhadi, Kang Arfiana Rafnialdi, R. Harnandito Yudhitia, Ridwan Aldilah, M. Aldhira Anbiyaa, M. Fakhryrozi, Hisni Zainul Millah, M. Ferandy, M. Rizki, Reza Asriandi Ekaputra, Angga Muhammad Fuady Rendi Oktavian Aldi Nursepta, Andrean Maulana, M. F. Amhar, Fauzi Ahmad Zaki, Hasri Haryani Direja, Diah Ratna Sari, Gilang Dwi Septiani, M. Kavin Ziyanulhaq, dan Fadly Akbar Nasher atas semangat dan dukungan yang selalu diberikan.
  10. Teman-teman penulis di program studi MBTI angkatan 2007. Terima kasih atas masa-masa penuh inspirasi dan pembelajaran yang telah diberikan selama ada di kampus Institut Manajemen Telkom. Khususnya untuk Nisa, Ungki, Dimas, Fian, Efeb, Yopi, Ayu, Adit, Kikit, Pur, Nila, Sandi, Harry, Eylen, Dodon, Pepe, Rizka, Adit, Ririn, dan teman-teman di kelas F 2007 lainnya, semoga kita semua dapat meraih kesuksesan di bidang dan tempatnya masing-masing.
  11. Senior serta Teman-teman di Aktivis Masjid Salman ITB & ITJ Bandung, Khususnya untuk Irfan Ramdani, Erwan Machmuddin, Fasta Iza (Ikhwan keren Salman, haha.. :D), Kang Yudha P. Sunandar, Kang M. Rizaldi Latief, Kang Ucay, Kang Indra Permana ‘Okitronic’, Teh Cindy, Mang Iping, Kang Nugroho Adinegoro, Kang Polo, Teh Dini, dan lainnya semoga perjuangan untuk menjadi pelita bagi umat, menjadi penerang yang tak hanya sekedar mengutuk kegelapan terus ada dan bisa jadi tabungan kita di hari akhir kelak.
  12. Teman-teman penulis di Keluarga Muslim (GAMUS) & SEARCH Institut Manajemen Telkom.
  13. Semua pihak yang tidak dapat disebut satu persatu, yang tidak terlintas wajah atau namanya saat saya sedang menulis ini (untung-untungan aja bro-sist :D)

Semoga Ilmu dan pengalaman yang didapat selama masa kuliah ini bisa bermanfaat untuk diri, keluarga, masyarakat dan pastinya Islam. Diri ini akan sepenuhnya memasuki masa bakti. Selepas ini adalah masa dimana diri harus semakin memperhatikan setiap pilihan hidup, masa pembuktian dan aksi nyata. Bismillah…

I’m Officially S.Mb now!
Semangat euy! 😀

Advertisements
This entry was posted in Corat-Coret Kehidupan and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s